Kereta Api MagLev
Kereta maglev, merupakan kereta yang menggunakan magnet sebagai alat
bantu dalam bergerak, MagLev adalah singkatan dari MAGnetically
LEVitated trains.Kereta jenis ini tidak beroda layaknya model kereta
konvensional, tetapi akan melayang secara magnetis, kelebihan jenis
kereta ini adalah kecepatan nya yang tinggi dan juga tidak perlu
melakukan perawatan pada bagian roda roda nya seperti kereta lain nya.
Kereta ini banyak dijumpai di Jepang, prancis, amerika dan jerman.
Kereta
ini mengambang sekitar 110 mm diatas rel,Dorongan ke depan dilakukan
melalui interaksi antara rel magnetik dengan mesin induksi yang juga
menghasilkan medan magnetik di dalam kereta.Untuk kereta jenis ini
terdapat 3 kategori yaitu Yang tergantung pada magnet superkonduktivitas
(suspensi elektrodinamik), Yang tergantung pada elektromagnetik
terkontrol (suspensi elektromagnetik), Yang terbaru, mungkin lebih
ekonomis, menggunakan magnet permanen (Inductrack), Jepang and Jerman
merupakan dua negara yang aktif dalam pengembangan teknologi maglev
menghasilkan banyak pendekatan dan desain.
Dalam suatu desain,
kereta dapat diangkat oleh gaya tolak magnet dan dapat melaju dengan
motor linear.Pengangkatan magnetik murni menggunakan elektromagnet atau
magnet permanen tidak stabil karena teori Earnshaw; Diamagnetik dan
magnet superkonduktivitas dapat menopang maglev dengan stabil.Berat dari
elektromagnet besar juga merupakan isu utama dalam desain. Medan magnet
yang sangat kuat dibutuhkan untuk mengangkat kereta yang berat.Efek
dari medan magnetik yang kuat tidak diketahui banyak.
Oleh karena
itu untuk keamanan penumpang, pelindungan dibutuhkan, yang dapat
menambah berat kereta. Konsepnya mudah namun teknik dan desainnya
kompleks. Kereta maglev, merupakan kereta yang menggunakan magnet
sebagai alat bantu dalam bergerak, MagLev adalah singkatan dari
MAGnetically LEVitated trains.Kereta jenis ini tidak beroda layaknya
model kereta konvensional, tetapi akan melayang secara magnetis,
kelebihan jenis kereta ini adalah kecepatan nya yang tinggi dan juga
tidak perlu melakukan perawatan pada bagian roda roda nya seperti kereta
lain nya. Kereta ini banyak dijumpai di Jepang, prancis, amerika dan
jerman.
Kereta ini mengambang sekitar 110 mm diatas rel,Dorongan
ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel magnetik dengan mesin
induksi yang juga menghasilkan medan magnetik di dalam kereta.Untuk
kereta jenis ini terdapat 3 kategori yaitu Yang tergantung pada magnet
superkonduktivitas (suspensi elektrodinamik), Yang tergantung pada
elektromagnetik terkontrol (suspensi elektromagnetik), Yang terbaru,
mungkin lebih ekonomis, menggunakan magnet permanen (Inductrack), Jepang
and Jerman merupakan dua negara yang aktif dalam pengembangan teknologi
maglev menghasilkan banyak pendekatan dan desain.
Dalam suatu desain,
kereta dapat diangkat oleh gaya tolak magnet dan dapat melaju dengan
motor linear.Pengangkatan magnetik murni menggunakan elektromagnet atau
magnet permanen tidak stabil karena teori Earnshaw; Diamagnetik dan
magnet superkonduktivitas dapat menopang maglev dengan stabil.
Berat
dari elektromagnet besar juga merupakan isu utama dalam desain. Medan
magnet yang sangat kuat dibutuhkan untuk mengangkat kereta yang berat.
Efek dari medan magnetik yang kuat tidak diketahui banyak. Oleh karena
itu untuk keamanan penumpang, pelindungan dibutuhkan, yang dapat
menambah berat kereta. Konsepnya mudah namun teknik dan desainnya
kompleks.
sumber: achtungpanzer
0 komentar for "Kereta Api MagLev"