10 Arsitektur Bangunan Terspektakuler Di Dunia

1. Aqua Tower

Location : Chicago, Illinois, United States
Architect : Santiago Calatrava, Perkins and Will
Date of Construction : 25 June 2007
Distinct Feature :Spire shape

Aqua Tower adalah bangunan campuran yang digunakan untuk hunian yang memiliki 86 cerita dan terletak di pembangunan Timor Lakeshore di pusat kota Chicago.

Desain bangunan ini dikembangkan oleh tim di bawah pengawasan Gang Jeanne dan menjadi bangunan tertinggi yang dirancang oleh seorang wanita di dunia. Ini adalah sebuah pencakar langit dengan ketinggian 262 meter dengan lantai masing-masing memiliki 1.500 m2 area. Teras taman, gazebo, kolam renang, kolam air panas, berjalan melacak dan api pit, merupakan bagian dari gedung ini yang memiliki gelombang seperti facade.

 










 2. Chicago Spire

Location : Chicago, Illinois, United States
Architect : Santiago Calatrava, Perkins and Will
Date of Construction : 25 June 2007
Distinct Feature :Spire shape



Gedung - gedung pencakar langit sekarang sudah tidak asing dan tidak ada yang lebih lengkap dari Chicago Spire adalah bangunan yang dikenal sebagai menara Chicago yang terletak di Chicago, Illinois.

Karena resesi abadi yang dimulai pada 2008, pembangunan proyek yang dimulai pada tanggal 25 Juni 2007 dihentikan. Desain bangunan yang diciptaan seorang arsitek Spanyol Santiago Calatrava dan penganggung jawab pengembangan diambil oleh pemiliknya Athletic Patrick Garrett Kelleher dari St ShelbourneDevelopment Group, Inc diasumsikan menjadikannya salah satu gedung tertinggi di dunia, dengan ketinggian 610 meter dan 150 lantai.

 











 3. CCTV headquarter

Location : China
Architect : Office for Metropolitan Architecture East China Architectural Design & Research Institute
Date of Construction : Started on 1st June 2004
Distinct Feature :Radical shape



Kantor pusat CCTV atau China Central Television Headquarters adalah bangunan pencakar langit 44 lantai di Distrik Pusat Bisnis Beijing (CBD) dan menjadi kantor pusat China Central Television (CCTV). Pancang pertama dilakukan pada 1 Juni 2004 dan tampilan bangunan selesai pada 1 Januari 2008. Rem Koolhaas dan Ole Scheeren dari OMA adalah arsitek-arsitek dari bangunan ini, sedangkan Arup bertindak sebagai perekayasa teknis dari rancangan struktur bangunan yang rumit ini.

Bangunan utama bukanlah seperti gedung menara biasanya, tetapi merupakan putaran dari enam bagian horisontal dan vertikal meliputi luas lantai 473.000 m (1,550,000 kaki), menghasilkan tampilan yang tidak umum dari menara bangunan dengan lubang di tengah. Konstruksi bangunan benar-benar menantang, dikarenakan lokasinya yang berada di daerah gempa. Karena bentuknya yang aneh ini, pengemudi taksi memberikan julukan dà kùchǎ (大裤衩), yang kira-kira bisa diartikan sebagai "celana pendek (boxer)

Bangunan ini terdiri dari tiga bagian bangunan yang disatukan menjadi satu setengah bangunan pada 30 Mei 2007. Agar tidak terkunci karena masalah diferensial struktur. Penyambungan dilakukan pagi-pagi sekali dimana baja dari dua menara dalam kondisi dingin dengan suhu yang sama.[6] Bangunan CCTV ini adalah bagian dari taman media yang diharapkan menjadi sarana hiburan publik, area pembuatan film luar ruang, dan studio produksi sebagai perluasan jalur hijau Distrik Pusat Bisnis (CBD).

Office for Metropolitan Architecture (OMA) memenangkan kontrak dari Beijing International Tendering Co. untuk membangun Kantor pusat CCTV dan Pusat Budaya Televisi (Television Cultural Center) dari bagian ini pada 1 Januari 2002. Gedung ini merupakan bagian awal dari sekitar 300 menara baru di Distrik Pusat Bisnis Beijing. Kantor administrasi, pemberitaan, penyiaran, dan kantor produksi serta studio-studio terdapat di dalamnya.
Kantor pusat CCTV secara resmi dibuka oleh direkturnya pada 1 Januari 2008. Di antara para undangan pembukaannya adalah Hu Jintao, Jiang Zemin, Wen Jiabao dan Guo Jinlong.

 










 4. Regatta Hotel

Location : Jakarta, Indonesia
Architect : Atkins
Date of Construction : N/A
Distinct Feature : Follows Nautical theme




Sebuah bangunan besar dikelilingi oleh 10 menara kecil adalah bangunan yang akan kita sebut dengan nama Hotel Regatta.

Dan bangunan tersebit merupakan struktur bangunan yang unik keempat teratas di dunia. Pengembang membuat dengan menjaga tema bahari dalam pikiran dan mengatakan bahwa 10 menara kecil merupakan kapal berlayar dan sementara yang besar adalah mercusuarnya. Bangunan besar yang pengembang sebut rumah cahaya adalah pusat nyata perhatian karena memiliki struktur yang paling tak terbayangkan yang belum pernah kita temui. Bangunan ini dirancang oleh Atkins pengembang terkenal yang juga merancang bangunan Burj khalifah (gedung tertinggi di dunia).

 










 5. Songjiang Hotel

Location : Songjiang district, Shanghai, China
Architect : Atkins
Date of Construction : Completed on May 2009
Distinct Feature : Built in quarry




Hotel yang sangat stylis dan ultra mewah Shanghai telah memenangkan penghargaan dari kompetisi desain internasional. Ini adalah hotel bintang lima yang indah diisi dengan air tambang di depannya di mana keindahan alam di sekitarnya bagaikan toping pada kue.

terletak di Songjiang kabupaten, Shanghai, Cina. Desain konseptual yang menakjubkan dari hotel merebut perhatian dari orang-orang dari seluruh dunia. hotel Ini berisi 400 tempat tidur resor yang 2 lantai lebih tinggi dari permukaan batu tambang dari 200 meter. Hal ini memungkinkan pelelangan tempat umum bawah air dan ruang tamu. Pusat perjamuan, ruang konferensi, kafe dan area olahraga yang tergabung dalam hotel Songjiang.










 
6. Russia Tower


Location : Moscow, Russia
Architect : Foster + Partners
Date of Construction : Started on 18 September 2007
Distinct Feature : Skyscraper of Russia

Gedung pencakar langit yang dibangun sebagian dari Rusia hadir di Moskow internasional pusat bisnis Rusia. Pembangunan gedung ini dimulai pada 18 September 2007, tetapi berhenti secara dramatis oleh para pejabat pada bulan Juni 2009 dan berubah menjadi tempat parkir bagi bangunan di sekitarnya. Menara ini diperkirakan mengandung 118 lantai dan akan mencakup area seluas 520.000 m2 itu juga akan mengakomodasi 3.680 mobil untuk parkir bawah tanah. Meskipun mengambil lebih dari 2 miliar dolar dalam konstruksi namun dibatalkan setelah akibat konflik kepentingan elite orang besar.










 7. Penang Global City Headquarters

Location : Penang island, Malaysia
Architect : Asymptote Architecture, under leadership of Hani Rashid and Lise Anne Coutur
Date of Construction : Started around 2002
Distinct Feature : Urbanism and elegance

Berada di pulau Penang Malaysia lebih dikenal dengan sebutan PGCC Complex
Penang global city malaysia, adalah salah satu gedung unik di dunia

 






 8. Gazprom Headquarters

Location : St. Petersburg, Russia
Architect : RMJM architects
Date of Construction : 1993
Distinct Feature : Salah satu struktur tertinggi di dunia yang memiliki fitur untuk mengubah warna fasad 10 kali per hari berdasarkan posisi matahari


Bangunan dengan struktur yang unik milik Gazprom yang merupakan perusahaan gas terbesar ekstraktor alami di dunia. Kantor pusat Gazprom terletak di St Petersburg, Rusia dan akrab dengan "jagung pada ikan" nama di antara penduduk daerah itu. Gedung ini memiliki fitur luar biasa sejak pandangan kristal warna bangunan berubah 10 kali sehari sesuai dengan posisi matahari. Bangunan kaca kolosal dinyalakan memiliki ketinggian 300 meter yang merupakan alasan kedua popularitas terlepas dari kecenderungan berubah warna.

Beberapa penduduk lokal yg kurang senang dengan adanya bangunan tersebut menjulukinya “corn on the cob”.

 










 9. Burj khalifa

Location : Dubai, UAE
Architect : Atkins
Date of Construction : 2004-2010
Distinct Feature : Tallest structure in the world

Apakah kalian tahu tentang Burj Khalifa ? Burj Khalifa adalah salah satu gedung tertinggi di Dubai, dengan ketinggian hampir 1 km. Dengan ketinggian seperti itu, maka sudah pasti kita bisa melihat matahari lebih lama, yang artinya puasa bisa menjadi lebih lama daripada yang berada di ‘dataran rendah’.

urj Khalifa (Burj Dubai) atau Menara Dubai adalah bangunan tertinggi
di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
memiliki ketinggian sekitar 800 meter lebih dan terbagi atas 169 lantai
Burj Khalifa (bahasa Arab untuk 'Menara Khalifa'), sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).[3]
Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008

Total biaya pembuatan Burj Khalifa (Menara Khalifa) Dubai adalah sekitar 1.5 milyar Dollar Amerika.

Menara ini mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s.
Bangunan dengan paling banyak lantai: 160 (sebelumnya Menara Willis dan World Trade Center - 110 lantai)

Antena/puncak 828 m (2.717 kaki)[3]
Atap 828 m (2.717 kaki)[4]
Lantai teratas 621.3 m (2.038 kaki)[4]
Detail teknis
Jumlah lantai 160 lantai yang dapat dihuni[5]
Area lantai 334,000 m² (3.595.100 ft²)

 










 10. Residence Antilia

Location : Mumbai, India
Architect : Perkins & Will
Date of Construction : 2007-2010
Distinct Feature : Taj Mahal of 21st century

Menara milik pengusaha India Mukesh Ambani. Mukesh yang menganggap investasi itu dalam membangun dunia yang paling mahal ada di rumah, Antilia.
pekerjaan menara ini diperkirakan menelan biaya $ 1 miliar dan fitur klub kesehatan, beberapa kamar"Khusus", tiga-helipads, tempat parkir untuk 168 kendaraan dan akan mempekerjakan 600 pelayan untuk mempertahankan. Secara fisik, 27-cerita tinggi bangunan adalah 570 meter. Mumbai Mirror laporan terpisah lantai (17 lantai) untuk mobil ini ditujukan bagi pemeliharaan mobil dan dengan demikian melayani seluruh mobil akan dilakukan di ini di-rumah pusat layanan. Ini juga mendedikasikan seluruh lantai delapan untuk kebutuhan hiburan, yang terdiri dari mini-teater memegang tempat duduk kapasitas 50. Selain atas empat lantai yang ditetapkan untuk keluarga yang tinggal (Mukesh, istrinya Neeta, tiga anak dan Mukesh ibu Kokilaben), sisa lantai juga terlibat dalam beberapa tujuan kegiatan.
Menara yang memiliki 6 tingkat parkir; beberapa lantai hanya kebun;, lantai hiburan, termasuk teater besar, 2 lantai tamu apartemen, dan berbagai lantai didedikasikan untuk dapur, binatu dan layanan lainnya. Sebuah helipad dirancang di atas,Kantor Perusahaan Reliance akan berada di lantai dasar dan tempat tinggal keluarga Ambani .

Menara Antilia Residence dirancang sebagai yang terbesar dan tertinggi, Designed by Chicago arsitektur perusahaan Perkins + Will, taman vertikal yang meliputi semua dinding bangunan hingga ke lantai 40. Sebuah Hanging Gardens modern dengan rancangan revolusioner yang membentang batas-batas arsitektur dan rekayasa, dan pertanyaan tradisional desain gedung pencakar langit.

Konstruksi telah dimulai meski Antilia Residence di tentang oleh orang-orang yang melihatnya sebagai sebuah desain berlebihan di sebuah kota di mana lebih dari 65% penduduk tinggal di daerah kumuh. Politik samping dan setelah pulih dari kekagetan melihat gedung pencakar langit yang menyerupai sebuah rak cd, gedung benar-benar terlihat seperti menakjubkan, unik,dengan potongan arsitektur hijau.


Bangunan, dengan ketinggian 173m itu, akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di Mumbai. Walaupun hanya memiliki 27 lantai, desain bangunan dengan menggunakan konstruksi India ;3.5m/floor standar, hal itu akan memiliki virtual ketinggian lantai 50 menara, dan akan mencapai sampai Imperial Twin Towers di ketinggian.

 





Posted by Cerita Unik on 20.05. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "10 Arsitektur Bangunan Terspektakuler Di Dunia"

Leave a reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...