10 Wasit Sepak Bola Terbaik Di Dunia

Dapatkah Towers bayangkan sebuah pertandingan sepak bola tanpa wasit?tentu saja kita tidak bisa membayangkan bagaimana apabila wasit tidak ada dlm sepakbola.
Mereka sama pentingnya dengan pemain di pertandingan. Dalam pertandingan sepak bola,biasanya ada 4 wasit.

Di dalam pertandingan,1 wasit aktif untuk mengambil keputusan dalam melakukan pertandingan.Dua hakim garis membantunya menjalankan pertandingan tetapi hanya di luar garis lapangan.Wasit keempat menangani hal-hal lain seperti mengubah pemain dan mengumumkan menit ekstra dll.
Di sini, saya telah membuat daftar 10 besar wasit sepakbola terbaik,Semuanya dilakukan dalam pertandingan internasional dan pertandingan piala dunia.

1 . Pierluigi Collina

Towers pasti tau kan wasit yang satu ini.Ya, saya berbicara tentang Pierluigi Collina yang dianggap universal sebagai wasit resmi dalam sejarah sepak bola. Meskipun ia memulai karirnya sebagai pemain sepak bola di tim lokal tapi dia bisa memahami bakatnya dan lebih memilih menjadi wasit. Pertama-tama ia menjadi wasit di Seri C1 dan C2,secara perlahan2 dia mulai menjadi wasit di seri A yang menjadi seri terbesar di italia. Setelah diresmikan di 43 pertandingan Serie A dia termasuk dalam daftar wasit FIFA. turnamen besar pertama Collina adalah di Olimpiade 1996 termasuk pertandingan final antara nigeria vs argentina.Kemudiaan dia menjadi wasit pada pertandingan piala dunia 2002 dan piala euro 2004,setelah itu dia pensiun pada umur 45 tahun yang di anggap usia pensiun bagi wasit resmi FIFA.

2.Phil Sharp


Sharp merupakan salah satu wasit terkenal saat ini.Secara khusus, ia adalah salah satu asisten wasit terbaik di dunia saat ini.Orang Inggris satu ini adalah seorang pemain sepak bola di sekolah, dan ia pertama kali diperkenalkan dengan referensi melalui Duke of Edinburgh’s Award Scheme sebagai bagian dari pelayanan di masyarakat. Dia ditunjuk sebagai wasit di pertandingan sepak bola di Liga regional di mana ia menunjukkan potensi untuk menjadi wasit terkemuka di masa depan.Setelah menunjukkan bakatnya dalam liga regional dan juga di jabatan perdana menteri ia termasuk dalam daftar wasit FIFA di 1997.Sharp mendapatkan kesempatan tertinggi dalam karirnya yang ditugaskan di Piala Dunia 2002 akhir sebagai asisten wasit.

3.David Arnaldo Coelho Cézar



4.Arthur Edward Ellis


Wasit sepakbola inggris ini terkenal karen di pertandingan piala dunia 1954 antara brazil dan hongaria.Meskipun kedua tim dianggap sebagai kekuatan sepak bola pada waktu itu di dunia sepakbola,tetapi mereka menyajikan salah satu kekuatan sepak bola terburuk dalam sejarah sepak bola dalam manfaat dari sepakbola klasik mereka.Pemain dari kedua tim sering terlibat dalam pelanggaran di lapangan dan setelah pertandingan,pejabat dari kedua tim juga ikut bertanding.Ellis mejadi wasit di 2 Piala Dunia dalam karirnya.Dia adalah asisten wasit di dunia cup 1950 dan tahun 1954 ia sebut sebagai wasit utama.

5.Said Belqola

Wasit maroko ini menajdi wasit pertama afrika untik wasit di pertandingan final piala dunia 1998 antara brazil dan perancis.Dia terlibat dalam sepak bola internasional sebagai wasit pada tahun 1993.tetapi pada tahun 1998 dia meninggal dunia.

6.Gottfried Dienst

Gottfried Dienst adalah mantan wasit terkenal yang bisa menjadi wasit di turnamen piala dunia.wasit swiss ini terkenal karena ia merujuk pada pertandingan final Piala Dunia 1966 antara inggris vs jerman.Dia adalah salah satu dari empat wasit di dunia yang menjadi wasit dua final Piala Champions Eropa pada tahun 1961 dan 1965.Dia juga adalah wasit untuk final Kejuaraan Sepak Bola Eropa pada tahun 1968.

7.Jack Taylor

Wasit Inggris ini terkenal karena ia merujuk pada final Piala Dunia 1972 akhir antara belanda dan jerman barat.Dalam karirnya ia di sebut menjadi wasit lebih dari 1000 game dan 100 perlengkapan internasional atas 60 negara.

8.John Langenus

Wasit Belgia ini adalah wasit pertama yang menjadi wasit di final Piala Dunia di turnamen Piala Dunia pertama pada tahun 1930 antara uruguay dan argentina.

9.William Ling

William Ling adalah mantan wasit inggris.Ia terkenal karena ia menjadi wasit pada pertandingan final Piala Dunia 1954 antara jerman barat dan hongaria.

10.Tofik Bakhramov


Asisten wasit Azerbaijan ini terkenal karena keputusan kontroversial dari gol di final Piala Dunia 1966.Dia ditugaskan sebagai asisten wasit dalam pertandingan itu.pada pertandingan itu Setelah 11 menit babak pertama waktu tambahan, Geoff Hurst dari inggris menendang bola dan memantul tiang gawang tetapi bola jatuh tepat di atas garis gawang,dan dia mengisyaratkan ke pada wasit 1 bola itu gol.sebenarnya tidak mudah memahami apakah bola itu masuk atau tidak.akhirnya wasit berunding dan memastikan bola itu gol atau tidak.

Sumber:http://www.tongberisi.net/2010/05/10-wasit-sepakbola-terbaik.html

Posted by Cerita Unik on 15.43. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "10 Wasit Sepak Bola Terbaik Di Dunia"

Leave a reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...